Pembuatan Serbuk Jahe Instant

Pendahuluan

Jahe (Zingiber officinale Rosc.),satu dari sejumlah temu-temuan dari suku Zingiberaceae, menempati posisi yang sangat penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia, karena peranannya dalam berbagai aspek kegunaan, perdagangan, kehidupan, adat kebiasaan, kepercayaan dalam masyarakat Indonesia yang sifatnya majemuk dan terpencar-pencar di seluruh nusantara ini.

Jahe juga termasuk komoditas yang sudah ada sejak ribuan tahun digunakan sebagai bagian dari ramuan rempah-rempah yang diperdagangkan secara luas di dunia. Walaupun tidak terlalu mencolok, penggunaan komoditas jahe berkembang dari waktu ke waktu, baik jumlah, jenis, kegunaan maupun nilai ekonominya.

Masyarakat Indonesia umumnya telah mengenal dan memanfaatkan jahe dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai kepentingan, seperti bahan campuran bahan makanan, minuman, kosmetik, parfum dan lain-lain mulai dari tingkat tradisional di masyarakat pedesaan sampai tingkat modern di masyarakat perkotaan.

Dalam perkembangannya komoditas jahe untuk bahan baku industri meningkat terus, sehingga pengadaannya secara teratur, berkualitas cukup baik dan berkesinambungan makin terasa menjadi keharusan.

Teknologi Pengolahan Jahe

Dalam proses pengolahan jahe, pengolahan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi termasuk kandungan senyawa yang berperan dalam performansinya, harus tetap diperhatikan karena berkaitan dengan hasil akhir olahan. Setelah dipanen rimpang harus segera dicuci dan dibersihkan dari tanah yang melekat.

Pencucian disarankan menggunakan air yang  bertekanan, atau dapat juga dengan merendam jahe dalam air, kemudian disikat dengan hati-hati. Setelah pencucian jahe ditiriskan dan diangin-anginkan dalam ruangan yang berventelasi udara yang baik, sehingga air yang melekat akan teruapkan. Kemudian jahe dapat diolah menjadi berbagai produk atau langsung dikemas dalam karung plastik yang berongga dan siap untuk di ekspor.

Dari jahe dapat dibuat berbagai produk yang sangat bermanfaat dalam menunjang industri obat tradisional, farmasi, kosmetik dan makanan dan minuman. Ragam bentuk hasil olahannya, antara lain berupa simplisia, oleoresin, minyak atsiri dan serbuk. Dalam hal ini kita batasi hanya proses pembuatan serbuk jahe instant

Pembuatan Serbuk Jahe Instant

Bahan:

Bahan yg diperlukan untuk formula kecil adalah: Jahe 2 kg, Gula pasir 4 kg, Air 2 ltr dan serai 4 batang

Peralatan:

Pelalatan yang digunakan dalam pembuatan serbuk jahe instan adalah baskom, timbangan, pisau, kain saring, stoples plastik bening, wajan, kompor, senduk pengaduk, blender dan ayakan.

Cara Pembuatan:

  1. Jahe dicuci bersih dan potong tipis-tipis.
  2. Blender jahe dan serai (ambil putihnya saja) hingga halus.
  3. Saring gilingan jahe dan diamkan hasil perasan selama 30 menit agar pati jahe mengendap.
  4. Pisahkan sari jahe dengan pati jahe dengan menuangkan ketempat yang berbeda.
  5. Masak sari jahe dalam wajan, dan tambahkan setengah bagian gula pasir/aren.
  6. Masak terus dengan api sedang hingga seluruh gula larut dan cairan agak kental.
  7. Masukkan sisa gula, masak terus sampai kental dan berbusa, selama memasak terus diaduk.
  8. Saat gula mulai mengkristal, matikan api dan aduk dengan cepat agar serbuk jahe tidak mengumpal.
  9. Serbuk jahe yang menggumpal dapat dihancurkan dengan blender dan diayak.
  10. Kemas serbuk  jahe yang sudah dingin dalam wadah yang tertutup rapat