Menyambut Hari Meteorologi Dunia dengan Sekolah Lapang Iklim di Jembrana

Denpasar - Menyambut hari Meteorologi Dunia yang jatuh pada tanggal 23 Maret 2021, Perhimpi Bali bersama dengan BPTP Bali, BMKG Stasiun Klimatologi Jembrana, Dinas Pertanian Kabupaten dan Pangan Kabupaten Jembrana serta anggota Subak Tibu Beleng melaksanakan tanam padi bersama.

Tanam bersama dilaksanakan pada Demplot Sekolah Lapang Iklim yang berlokasi di Subak Tibu Beleng, Desa Penyaringan Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana.

Setelah pelaksanaan tanam padi bersama, acara Sekolah Lapang Iklim dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan iklim untuk pertanian dengan pemateri dari BMKG Stasiun Klimatologi Jembrana dan BPTP Bali.

Acara Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana mewakili Bupati Jembrana. Dalam sambutannya kepala dinas memberikan apresiasinya kepada BPTP Bali karena telah memberikan bantuan VUB padi Balitbangtan serta sekaligus inovasi teknologi budidayanya.

Acara pembukaan Sekolah Lapang Iklim dan Bimtek dihadiri juga oleh anggota Komisi IV DPR RI, A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jembrana, Kepala BPTP Bali, dan Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Pusat yang hadir melalui virtual.

Dalam arahannya AA Bagus Adhi Mahendra Putra, menyatakan apresiasinya kepada pemerintah dan BMKG karena ikut dalam membina petani melalui program Sekolah Lapang Iklim. “ Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kehadirat pemerintah dalam menjaga alam ini khususnya di Sekolah Lapang Iklim ini” ujarnya.

Sementara itu Kepala BPTP Bali, Dr. drh. I Made Rai Yasa, MP dalam sambutannya menyatakan kesiapannya bekerjasama dan mendampingi program Demplot Sekolah Lapang Iklim yang diselenggarakan BMKG dengan mendiseminasikan inovasi-inovasi teknologi pertanian didalamnya.