SDM Profesional >> Peneliti Madya


 
   
Nama : drh. I Nyoman Suyasa, M.Si.
Unit Kerja : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali
Pendidikan : S2
Jabatan : Peneliti Ahli Madya
Bidang Keahlian : Sistem Usaha Pertanian
Komoditas : Peternakan 
e-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ,This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Profil

Drh. I Nyoman Suyasa, M.Si dilahirkan di Denpasar, 1 Nopember 1961, mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Hewan (SKH) dan profesi dokter hewan (drh) pada tahun 1988 dari program studi Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Pendidikan S-2 dalam bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner ditempuh di IPB Bogor dan diselesaikan tahun 2002.

Yang bersangkutan saat ini aktif sebagai peneliti pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali sejak tahun 2000. Sebelum sebagai peneliti, sejak tahun 1989 – 1999 menjadi staf teknis pada Balai Informasi Pertanian (BIP) Bali. Selanjutnya dari staf teknis BIP Bali beralih menjadi staf IP2TP (Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian ) Denpasar dari tahun 1995 – 2000.

Mulai tanggal 1 Juni tahun 2000 diangkat sebagai asisten peneliti Madya dan mulai 1 Oktober 2005 sebagai peneliti pertama. Mulai tanggal 1 juni tahun 2007 diangkat sebagai Peneliti Muda. Jabatan fungsional Peneliti Madya diperoleh tahun 2010, dengan ketertarikan pada bidang usahatani ternak. Selain itu juga aktif mempublikasikan karya ilmiah dan hasil penelitian  dalam bahasa Indonesia baik sebagai penulis utama maupun penulis pendamping yang diterbitkan melalui jurnal ilmiah, prosiding, majalah semi ilmiah, dll baik dalam lingkup Badan Litbang Pertanian maupun Perguruan Tinggi.

Selama di BPTP Bali telah mengerjakan beberapa pengkajian antara lain SUP Sapi Potong Ekoregional Lahan Kering, Pemanfaatan Laser Punctur pada Penggemukan Sapi Bali, P3T, CLS (Crop Livestock System) dan lain-lain. Penghargaan yang pernah diraih adalah Sebagai Penulis hasil penelitian terbaik ke sembilan tingkat Nasional pada Badan Litbang Pertanian.

drh. I Nyoman Suyasa, M.Si

Peneliti Ahli Madya