Pengolahan Bio Urine Bertenaga Surya

Bio urine merupakan sejenis pupuk cair yang diolah dari urin ternak. Dalam dunia pertanian bio urin  bermanfaat untuk meningkatkan produksi tanaman.dalam proses pembuatan bio urine tidaklah begitu sulit yang di butuhkan yaitu, 1).  Urine ternak, 2). Bak penampung  , 3). Bak fermentasi , 4). Tangga airasi, 5). Pompa air dan pipa/selang air.

Untuk membuat bio urine petani di daerah agak terpencil, dimana daerah tersebut belum terjangkau fasilitas  PLN menjadi kendala utama mereka. instalasi listrik bertenaga surya (Solar Cell )merupakan salah satu alternatif mengatasi permasalahan tersebut. Merakit dan memasang Solar Cell bisa dilakukan oleh petani sendiri karena dalam pengerjaannya cukup sederhana .

Untuk merakit satu unit Solar Cell kapasitas 100 watt dibutuhkan prangkat-prangkat sebagai berikut:

 

  1. 2 bidang papan panel Solar Cell kapasitas 50 watt
  2. 1 buah timer otomatis
  3. 1 buah alat pengatur arus
  4. 1 buah accu 60 – 70 Ampre
  5. Kabel ukuran 2 x 1.5 (panjang disesuaikan)
  6. Klem kabel ukuran 6 mm
  7. Isolasi listrik

Cara kerja Solar Cell adalah mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan prinsip efek Photovoltaic.  Efek Photovoltaic mucul dikarenakan adanya hubungan  dua elektroda yang terhubung dengan sistem padatan saat mendapatkan energi cahaya. Oleh karena itu, Sel Surya atau Solar Cell sering disebut juga dengan Sel Photovoltaic . Konon katanya sistim ini diketemukan oleh Henri Becquerel  pada tahun 1839.

Pada kegiatan pengolahan bio urin, di daerah yang belum terjangkau aliran listrik PLN, Solar Cell sangat membantu, sebagai sumber tenaga listrik yang akan dimanfaatkan sebagai tenaga pengerak pompa.  Disamping untuk pengolahan bio urine,  listrik tenaga surya ini juga bisa dimanfaatkan untuk penerangan dan mengaktifkan perangkat elektronik lainnya.