Cegah dan Atasi Cendawan Diplodia dengan Bubur California

Tanaman jeruk yang sudah terserang penyakit diplodia sulit untuk dipulihkan. Jeruk yang terserang diplodia menunjukkan kerusakan pada kulit batang, sampai akhirnya tanaman mengalami kematian. Apabila tidak dikendalikan, penyakit diplodia dapat menyerang semua tanaman jeruk yang ada di kebun.

Memiliki tanaman yang sehat dan berproduksi tinggi merupakan harapan setiap petani jeruk. Tetapi harapan itu menjadi sebuah keputusasaan apabila sebagian besar tanaman telah terserang penyakit diplodia. Berbagai upaya sudah dilakukan, tetapi penyakit diplodia pada jeruk tergolong sulit untuk diatasi.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali Tahun 2016 telah melakukan kajian pemupukan organik dan pengendalian penyakit diplodia  untuk meningkatkan produksi dan kualitas jeruk siam kintamani. Output kegiatannya berupa teknologi yang mudah dilakukan untuk mengendalikan penyakit diplodia pada tanaman jeruk.    

1. Penggunaan Pupuk organik

Pupuk organik dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Pupuk organik juga memberikan lingkungan yang baik untuk perkembangan Jamur Trichoderma. Analisis laboratorium menunjukkan setelah pemupukan organik dan pemberian Jamur Trichoderma terjadi peningkatan kandungan P dan K tanah. Kondisi ini mempengaruhi ketahanan tanaman jeruk terhadap serangan penyakit diplodia.

2. Aplikasi Trichoderma

Jamur Trichoderma merupakan jamur penghuni tanah yang dapat diisolasi dari perakaran tanaman. Jamur Trichoderma disamping sebagai organisme pengurai dapat pula berfungsi sebagai stimulator pertumbuhan tanaman. Jamur Trichoderma mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kecepatan pertumbuhan dan perkembangan tanaman, terutama kemampuannya untuk menyebabkan produksi perakaran sehat dan meningkatkan akar lebih dalam masuk di permukaan tanah. Kondisi yang demikian akan menyebabkan tanaman lebih tahan terhadap serangan penyakit diplodia.

3. Aplikasi Bubur California

Bubur california merupakan pestisida untuk mengendalikan penyakit diplodia yang bisa dibuat sendiri, karena bahannya sangat sederhana yaitu campuran belerang dengan kapur tohor kemudian dicampur air bersih dan dipanaskan, seperti membuat bubur. Bubur california efektif untuk pengendalian penyakit diplodia pada jeruk, baik diplodia basah maupun diplodia kering. Aplikasi bubur California pada tanaman jeruk dengan cara melaburkan pada batang tanaman. Sebelum dilabur batang tanaman dibersihkan dengan sikat atau ijuk terlebih dahulu. Pelaburan sebaiknya dilakukan pada awal dan akhir musim hujan. (swk)

Aplikasi Bubur California pada Jeruk 

 

Tanaman jeruk sehat bebas penyakit diplodia