Probiotik BIO-B Signifikan Tingkatkan Bobot Unggas

Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain dengan menggunakan ransum alternatif, dengan bahan yang lebih murah serta meningkatkan produktivitas dan atau menekan konsumsi pakan.

Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas atau meningkatkan efisiensi penggunaan pakan adalah dengan aplikasi penggunaan probiotik. Probiotik merupakan mikroorganisme yang hidup dalam makanan suplemen yang memiliki efek menguntungkan dalam tubuh dengan meningkatkan keseimbangan mikro organisme dalam saluran pencernaan.

Pihak BPTP Bali telah menemukan probiotik untuk unggas, baik untuk unggas pedaging maupun petelur. Dengan ditemukannya probiotik untuk unggas (ayam), diharapkan akan dapat membantu para petani guna meningkatkan keuntungan usahanya.  Probiotik untuk Unggas temuan BPTP Bali ini diinisiasi oleh Suprio Guntoro, seorang peneliti senior BPTP Bali.

“Probiotik unggas ini disebut dengan BIO – B. Pemberian probiotik pada ternak unggas pedaging dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain untuk mempercepat pertumbuhan, dapat menekan angka kematian, menghemat penggunaan pakan, mengurangi bau kotoran.” Ujar Suprio Guntoro.

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Tim Ternak BPTP Bali, penggunaan probiotik (Bio-B) pada ayam pedaging pada dosis 1 cc/liter air minum dapat memberi peningkatan pertumbuhan. Pertambahan pertumbuhan pada unggas dengan probiotik Bio – B cukup signifikan. Unggas pada umur 6 minggu, ayam yang mendapat probiotik rata-rata berat badannya lebih tinggi 100 - 120 gram dibanding dengan ayam yang tanpa diberi probiotik.