Tehnik Pemeliharaan Ayam KUB

Salah satu tujuan pembangunan nasional yakni untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Masyarakat dapat dikatakan sejahtera apabila masyarakat tersebut telah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri. Hal ini diakibatkan karena masih tingginya angka kemiskinan yang membatasi kemampuan mereka dalam pemenuhan kebutuhan hidup.

Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB-1) merupakan galur ayam kampung hasil penelitian Balitnak, yang berhasil dilepas sebagai salah satu galur unggul nasional berdasarkan Surat Kepeutusan Menteri Pertanian  No : 698 / Kpts / PD.401/2/ 2013. Namun disisi lain dalam mengantisipasi permintaan ayam lokal pedaging unggul, Balitnak telah mengeluarkan produk baru ayam lokal unggul tipe pedaging, yang dinamakan ayam SenSI-1 Agrinak. Ayam ini telah dilepas sebagai galur baru ayam lokal unggul tipe pedaging dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian No : 39/ KpTs/PK.020/ 1/ 2017 tentang Pelepasan Galur Ayam SenSi-1 Agrinak Tanggal 20 Januari 2017.

Keunggulan dari ayam KUB ini adalah jaminan produksi telurnya dapat mencapai 90% dengan kemampuan menetas yang sangat baik. Artinya 100 ekor ayam yang dipelihara, pada usia produksi rata-rata 90% ayam telah bertelur. Hal ini sangat berbeda dengan ayam ras biasa yang rata-rata 60%.

Selengkapnya >>>