Memelihara DOC Ayam Kampung dengan Kandang Koloni

Pemeliharaan bibit ayam kampung unggul (DOC) yang berumur 0 – 39 hari dipelihara dalam satu tempat dengan menggunakan kandang koloni berukuran 5 x 5 m. Dinding kandang terbuat dari pada bagian bawah dari batako dan bagian atasnya berupa sekat bambu, beratap asbes serta berlantai tanah.

Kandang ini dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat pakan dan tempat minum guna memudahkan bibit ayam untuk mendapat pakan dan minum setiap saat. Selain itu kandang juga dilengkapi dengan lampu gas olek sebagai penerang dan penghangat ruangan kandang, bila kondisi turun hujan ruangan kandang menjadi agak hangat maka intensitas nyala lampu gas olek bisa ditingkatkan agar suhu kandang menjadi hangat,ruang kandang juga dilingkapi dengan termometer dengan tempratur 100 0 C untuk mengatur suhu tempratur kandang agar tetap stabil.

Sebagai alas kandang digunakan sekam padi sebagai litter agar kandang tetap kering dan hangat, dinding luar kandang dilapisi terpal /karung guna kandang terlindung dari perubahan cuaca, sinar matahari serta menghindari adanya gangguan dari luar ( ular,kadal,dll).

Langkah antisipasi terhadap serangan penyakit dimana seluruh bibit ayam DOC juga dilengkapi dengan pemberian vaksin. Vaksinasi dilakukan secara berjenjang seperti vaksin : ND IB, Gumboro A, Gumboro B, ND Lazota , ND N1, ND IB dan Fox. Dalam pemeliharaan bibit ayam DOC sebagai langkah antisipasi untuk 12 mengurangi tingkat cekaman (stress) terhadap perubahan lingkungan maka bibit ayam DOC di beri minuman herbal (jamu) dari bahan alami.