BPTP Balitbangtan Bali Terus Tingkatkan Kompetensi SDM

Denpasar - Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan professional merupakan point penting dalam memajukan sebuah organisasi. BPTP Balitbangtan Bali sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian memiliki tugas mengkaji, merakit menguji Inovasi pertanian tepat guna sfesifik lokasi di Provinsi Bali. Memiliki SDM yang kompeten di bidang pertanian sangat diperlukan BPTP Balitbangtan Bali dalam mempercepat hilirisasi hasil Inovasi Badan Litbang Pertanian kepada petani.


Menurut Kepala BPTP Bali Dr. I Made Rai Yasa Tahun 2019 BPTP Bali telah mempersiapkan ini sejumlah SDM untuk ditingkatkan kompetensinya. “ Tanggal 24 Juli 2019 kami sudah kirimkan dua orang penyuluh pertanian untuk mendalami inovasi teknologi pada komoditas Hortikultura ke Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika selama tiga hari” ungkapnya.


Lebih lanjut Dr. Made Rai Yasa mengatakan akan terus mengirim beberapa SDM lagi baik Peneliti, Penyuluh, maupun Teknisi Litkayasa untuk mendalami inovasi teknologi pada komoditas lain seperti perkebunan, pangan peternakan dan lainnya di Pusat-Pusat Penelitian maupun Balai Penelitian, Badan Litbang Pertanian. “ kami harap setelah mereka kembali sudah memiliki spesialisasi serta kompetensinya meningkat” ujarnya.


Sementara itu Putu Sugiarta dan Agung Prijanto, Penyuluh pertanian BPTP Bali yang telah mengikuti Bimtek di Balitjestro mengakui program peningkatan kapasitas SDM BPTP Bali sangat bermanfaat terutama bagi mereka sebagai petugas yang mendampingi petani menerapkan inovasi teknologi dari Badan Litbang Pertanian.

Mereka juga mengaku semua materi bimbingan teknis yang diperoleh di Balitjestro sangat bermanfaat “kami mempelajari teknologi introduksi pembungaan jeruk dengan metode pikung, produksi benih jeruk bebas penyakit, perbanyakan agens hayati pengendali HPT jeruk, teknologi Sitara dan Bujangseta, teknologi pembungaan tanaman lengkeng, budidaya stroberi soiless, serta yang lain” ungkap mereka.