Buleleng Evaluasi Rumah Contoh RPL

Buleleng - Pekarangan rumah jika ditata dengan baik akan terlihat indah dan menyejukkan. Kita dapat menciptakan sebuah suasana yang nyaman, indah, sehat dan lestari dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Selain itu pekarangan juga dapat menjadi sumber pangan bagi keluarga. Caranya, dengan menerapkan prinsip Rumah Pangan Lestari (RPL).

Dalam rangka mendukung ketahanan pangan melalui pemanfaatan pekarangan rumah, Pemerintah Kabupatan Buleleng melalui Dinas Ketahanan Pangan, bekerjasama dengan Dinas Pertanian serta BPTP Bali, tahun 2018 telah menerapkan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) pada program Penumbuhan Rumah Pangan Lestari (PRPL). Pada program tersebut ditetapkan Rumah Contoh Rumah Pangan Lestari (RC RPL). 

Bulan Oktober ini Pemda Buleleng melalui Dinas Ketahanan Pangan, bekerjasama dengan Dinas Pertanian serta BPTP Bali melakukan evaluasi penilaian terhadap RC RPL yang telah ditetapkan yaitu, ada di sembilan desa pada sembilan kecamatan di Buleleng. Kali ini hari Senin (15/10), evaluasi dan penilaian dilaksanakan di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada dan Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar. 

Adapun tim penilai yang terjun langsung ke lapangan adalah penilai dari Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, BPTP Bali dan tim penggerak PKK Kabupaten Buleleng. Acara penilaian juga dihadiri tim penggerak PKK Kecamatan dan PKK Desa Masing-masing. Menurut Putu Sugiarta, yang merupakan salah satu tim penilai dari BPTP Bali, Pemanfaatan pekarangan yang telah dikembangkan pada program RC RPL diharapkan akan diadopsi oleh masyarakat sekitar desa pelaksana dan masyarakat secara umum, "sehingga akan dapat meningkatkan gizi keluarga dan masyarakat". ujarnya.