Pemda Tabanan Dukung Penuh Pembangunan TTP

Tabanan - Selasa (14/8), dilaksanakan Rapat koordinasi yang ke-3 progres pembangunan pembangunan Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Desa Sanda, Pupuan-Tabanan. Rakor kali ini TTP mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak terutama dari SKPD Kabupaten Tabanan.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPTP Bali, Dr. drh. I Made Rai Yasa, MP memaparkan progress TTP dari aspek kegiatan teknis, kelembagaan, sampai dengan perkembangan kegiatan Fisik yang didanai dari anggaran DIPA BPTP Bali.

Sementara itu Dinas Pertanian khususnya Bidang Peternakan menyampaikan bahwa tahun 2018 ini empat unit kandang senilai 100 juta sedang dibangun di empat Desa di Kecamatan Pupuan untuk mendukung TTP, untuk pengembangan kambing Boerka. Bidang peternakan juga telah menganggarkan biaya pembangunan kandang kambing berkapasitas 25 ekor senilai Rp. 129 juta di lokasi tapak TTP. Dinas Pertanian tahun ini juga telah menyiapkan anggaran pelatihan untuk peningkatan SDM calon pelaksana/pengelola TTP. Bidang Perkebunan juga membantu pengembangan peremajaan kopi robusta seluas 300 ha dari 7.000 ha lahan kopi yang ada di Kec. Pupuan.

Dinas PU pada rakor tersebut juga melaporkan perkembangan proyek pembuatan senderan, got, dan pengerasan jalan sepanjang 2,8 KM menuju lokasi TTP dengan nilai sekitar 7,2 Milyar yang akan selesai pada bulan Oktober 2018 ini.

Pada kesempatan terakhir, Bumda Badan Usaha Milik Daerah (BUMDA) Dharma Santika akan siap ikut membantu pemasaran produk TTP, dan siap sebagai pelaksana TTP ke depan sambil menunggu payung hukum.

Sebelum ditutup, seluruh SKPD sepakat untuk melaksanakan rapat koordinasi lagi di awal bulan September untuk mempresentasikan rencana kegiatan di masing-masing SKPD untuk mendukung dan mengembangkan TTP di tahun 2019.