BPTP Bali Dampingi Program KRPL dan PRPL di Buleleng

Buleleng - Dalam rangka mendukung program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang telah dilaksanakan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian pada tahun 2017, tahun 2018 ini Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali melaksanakan pendampingannya.

Di Kabupaten Buleleng Bali telah ditetapkan lima Kelompok Wanita Tani (KWT) penerima program KRPL. KWT yang dimaksud yaitu, 1). KWT Wisma Karya, Desa Bengkel Kec. Busungbiu, 2). KWT Praja Mukti, Desa Tinga-Tinga, Kec. Gerokgak, 3). KWT Widya Amertha, Desa Gobleg Kec. Banjar, 4). KWT Karya Suka Maju Desa Ambengan Kec. Sukasada, dan 5. KWT SARI Amertha Giri Desa Wanagiri, Kec. Sukasada.

Secara operasional kegiatan pendampingan yang dilaksanakan meliputi kegiatan pemasokan benih/bibit ke Kebun Benih Desa (KBD), dan narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek). Bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh DKP Buleleng tentang pesemaian, budidaya tanaman sayuran, panen, pasca panen dan olahan hasil pertanian. Setiap acara Bimtek selalu melibatkan anggota dan pengurus Kelompok Wanita Tani (KWT), pihak Sekolah Dasar calon pelaksana kegiatan, Aparat Desa, PPL pendamping Dinas Pertanian, dan Dinas Ketahanan Pangan.

Putu Sugiarta (BPTP Bali), hari Selasa, 15 Mei 2018, mengatakan dalam pelaksanaan pendampingan ini BPTP Bali berperan sebagai narasumber dan monitoring pembangunan Kebun Bibit Desa (KBD) di 5 (lima) lokasi penerima program KRPL. Lebih lanjut dijelaskan bahwa tim dari BPTP Bali dalam pelaksanaannya telah diperkuat dengan Surat Keputusan (SK) dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng. ” Berdasarkan SK Tersebut selain kegiatan KRPL, akan dilakukukan juga sosialisasi Penumbuhan Rumah Pangan Lestari (PRPL) yang merupakan program daerah pada 9 (sembilan) kecamatan di Buleleng” jelasnya.