Penderasan Informasi Songsong Lumbung Pangan Dunia

Jakarta- Biro Humas dan Informasi Publik, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pertanian, bertempat Auditorium Gedung F Kantor Pusat, Kementerian Pertanian, menyelenggarakan Rapat koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Lingkup Kementerian Pertanian, Selasa (8/5). Rapat Koordinasi yang bertemakan “ Peran PPID dalam Penderasan Informasi, Menyongsong Indonesia Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045 dikuti oleh peserta dari PPID Utama, PPID Pelaksana dan PPID Pembantu Pelaksana lingkup Kementerian Pertanian.  

Sekretaris Jenderal Kementan, Ir. Syukur Ihwantoro, MS, MBA saat membuka acara menyampaikan bahwa Masyarakat membutuhkan keterbukaan informasi dari pemerintah. Badan publik termasuk Kementerian Pertanian wajib memberikan pelayanan informasi publik secara cepat, tepat, biaya ringan, Profesional dan cara sederhana. Penyampaian informasi tentunya tetap mengedapankan sikap kehati-hatian, dan ini diharapkan menjadi motivasi untuk meningkatkan layanan informasi yang lebih baik kepada mayarakat.  “Disisi lain perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi membuka peluang bagi Kementerian Pertanian memberikan pelayanan informasi yang lebih cepat dan akses yang lebih mudah” jelasnya menambahkan.  

Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr., Ph.D, sebagai Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Sekjen Kementan, menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya rapat koordinasi ini adalah agar PPID di lingkup Kementerian Pertanian dapat berkoordinasi untuk memberikan layanan yang mudah cermat, cepat dan akurat kepada pengguna informasi publik. Tujuan lainnya adalah sebagai sarana membangun pengelolaan informasi dan dokumentasi yang lebih baik dalam mendukung target utama kementerian Pertanian,  "Tujuan ketiga adalah menuangkan Informasi yang disusun masing-masing UK/UPT melalui website resmi UK/UPT". ujarnya menyampaikan.