KWT Srikandi dan Jus Sayur Rasa Alpukatnya

Tabanan - Desa Antapan merupakan salah satu central produksi komoditas sayuran di Provinsi Bali. Sebagian besar petani Desa Antapan menjadikan sayuran sebagai pendapatan utama mereka. Biasanya petani menjual sayurannya melalui pengepul,ke pasar terdekat, dan ada pula yang langsung ke pasar di Denpasar. Harga sayuran di pasar, sangatlah berfluktuasi. Saat tidak musim petani memperoleh harga yang tinggi dan rendah disaat produksi melimpah hargapun menjadi rendah.

Mengatasai permasalah petani tersebut, BPTP Balitbangtan Bali memperkenalkan inovasi teknologi diversifikasi produk sayuran kepada Kelompok Wanita Tani Srikandi di Antapan. Tujuannya agar produk sayuran petani lebih bernilai ekonomis. Pembinaan pasca panen sayuran kepada KWT salah satunya adalah membuat jus sayuran berasa buah alpukat.

Mulai sejak dibina sampai sekarang, jus sayur berasa buah alpukat buatan KWT Srikandi sudah berhasil diperkenalkan dimana-mana. Sebagai “Wellcome drink” untuk tamu-tamu yang berkunjung ke lokasi bio industri, dijual di pameran-pameran, dan di acara-acara adat merupakan cara KWT memperkenalkan jus buatan mereka. Oleh KWT Jus sayuran berasa alpukat biasanya dijual dengan harga sepuluh ribu rupiah per cupnya.

Jadi jika kita ingin mencoba rasa jus sayur berasa alpukat buatan KWT Srikandi, kita dapat berkunjung ke lokasi Model Pertanian Bio Industri di Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Tabanan.