Panen Hari Ini, Provitas Padi di Bali Lapaui 7 Ton Per Hektar

Panen Tanaman padi tampak sudah menguning dimana-mana. Hari ini 22 Januari 2018 Petani di Bali besiap-siap siap untuk panen lagi. Terpantau hari ini seluas 110 hektar padi siap untuk dipanen.

Seperti biasanya Petugas UPTD, PPL, Babinsa, LO Upsus Pajale BPTP Balitbangtan Bali,  terjun langsung ke lapangan, mendampingi petani yang akan memanen padi. Sebelum dipanen dilakukan pengubinan terlebih dahulu untuk menghitung produktivitasnya.

Ditemui di tempat kerjanya, Kepala BPTP Balitbangtan Bali Dr. I made Rai Yasa menjelaskan bahwa pengubinan dilakukan agar diperoleh data yang akurat terkait produktivitas padi yang akan dipanen. Lebih lanjut I Made Rai Yasa juga mengatakan bahwa panen hari ini rata-rata produktivitas padi di Bali cukup tinggi  mencapai 7,9 ton per hektar. “hasil kerja keras petani terbayar sudah” ungkapnya.

Sementara itu Kadek Damplik, petani di Subak Perejurit, Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar mengaku sangat senang setelah diketahui produktivitas padinya yang cukup tinggi, yaitu 7,2 ton per hektar. “hari ini juga kami mulai panen” ujarnya sumringah.

Petugas LO Upsus BPTP Balitbangtan Bali melaporkan panen padi hari ini ada di lima Subak pada empat Kabupaten. Adapun subak-subak yang dimaksud adalah,

Kabupaten Badung, panen dilaksanakan di subak sebuah, Desa Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara. Dari potensi panen 7 hektar, hari ini dipanen seluas 3 hektar.  Produktivitas padi diketahui 8 ton per hektar. Varietas padi yang dipanen adalah Ciherang.

Selanjutnya di Kabupaten Tabanan panen ada di Subak Gedang Kangin Bawah, Desa Tegal, Kecamatan Selemadeg Timur. Dari potensi panen seluas 70 hektar hari ini dipanen 1,5 hektar. Produktivitasnya diketahui 9,48 ton per hektar.

Yang ke tiga ada di Kabupaten Gianyar. Panen ada di dua subak yaitu, Subak Perejurit, Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh. Dari potensi panen seluas 7 hektar, hari ini dipanen baru 0,4 hektar. Produktivitas padi diketahui 7,2 ton/hektar. Varietas yang dipanen adalah Ciherang. Selanjutnya di subak Angkling, Desa Babakan, Kecamatan Gianyar. Dari potensi panen 21 hektar luas panen hari ini 0,22 hektar. Produktivitas padi diketahui 7,36 ton/hektar.

Terakhir di Kabupaten Karangasem panen dilaksanakan di Subak Jasri Tempek Gelar, Desa Subagan, Kecamatan Karangasem. Dari Potensi Panen 5 hektar, dipanen seluas 2 hektar, dengan produktivitas 7,68 ton/hektar. Sedangkan Varietas yang dipanen adalah Cigelis dan Ciherang. (swk)