Berkat Subak Petani Bali Tanam dan Panen Padi Tiap Hari

Eksistensi subak di Bali sudah tidak diragukan lagi. Organisasi petani warisan nenek moyang masyarakat Bali ini memang patut dibanggakan. Subak merupakan organisasi tradisional petani yang fungsinya mengelola pengairan/irigasi ke lahan sawah petani. Saat ini subak masih eksis di Bali, walaupun ada beberapa subak yang lahan sawahnya sudah beralih fungsi. 

Kepala BPTP Balitbang Bali Dr. I Made Rai Yasa Mengatakan subak selain mengatur penggunaan air irigasi, juga mengatur waktu tanam, penanggulangan hama sampai ke panennya. "panen padi setiap hari di Bali itu wajar saja, karena setiap hari ada subak yang melakukan penanaman padi, ada juga subak yang sedang panen" kapan waktunya menanam, setiap subak punya aturan tersendiri".jelasnya menambahkan.

Seperti yang dilaporkan hari ini 17 Januari 2018, oleh petugas pendamping upsus BPTP Balitbangtan Bali. Ada subak yang sedang memanen dan di Subak lainnya ada yang sedang menanam padi. Subak yang melakukan penanaman hari ini adalah Subak Yeh Tengah, Desa Klusa, Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar seluas 54 hektar.

Sedangkan subak yang sedang panen dilaporkan ada empat subak pada tiga Kabupaten. Panen seluas 40 ha, dari potensi lahan seluas 91 ha. Panen di empat subak yang dimaksud adalah;

Kabupaten Badung dilaporkan hari ini di Subak Tegal, Desa Kerobokan Kaja, Kecamatan Kuta Utara. Dari potensi panen 20 ha, hari ini dipanen 17 ha, dengan produktivitas 7,8 ton/ha, padi Varietas Ciherang. Panen dihadiri oleh Ka. UPTD, PPL, Kelompok panen dan petani .

Kabupaten Tabanan dilaporkan ada dua subak yang sedang panen yaitu, Pertama di Subak Kelepud, Desa Dalang, Kecamatan Selemadeg Timur. Dari potensi panen seluas 37 ha dipanen seluas 10 ha dengan produktivitas 6,49 ton/ ha. Varietas yang dipanen adalah Ciherang. Panen dihadiri Kelompok panen dan PPL. Yang ke dua adalah Subak Pangkung Lengkuas, Desa Gadungan, Kecamatan Selemadeg Timur. Dari potensi panen 15 ha, hari ini dipanen 3 ha. Produktivitas 4.8 ton/ha. Varietas yang dipanen IR 64. Panen dihadiri oleh Kelompok panen dan PPL.

Lalu di Kabupaten Gianyar, ada satu subak yang panen hari ini adalah Subak Dangin Umah, Desa Batubulan Kangin Kecamatan Sukawati. Dari potensi panen 19 ha, hari ini dipanen seluas 18 ha dengan produktivitas 6,2 ton/ha. Varietas padi yang dipanen adalah Ciherang. Panen dihadiri oleh kelompok panen, Petani, dan PPL dan LO BPTP Balitbangtan Bali. (swk)