Pemkab Tabanan Berkomitmen Mendukung Taman Teknologi Pertanian

Pemerintah Kabupaten Tabanan beserta jajarannya menyatakan komitmennya mendukung Taman Teknologi Pertanian (TTP) yang berlokasi di Desa Sanda, Kecamatan Pupuan, yang merupakan salah satu Program Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian. 

Kepala BPTP Balitbangtan Bali Dr. I Made Rai Yasa memaparkan rencana percepatan pembangunan TTP tahun 2018 pada acara pertemuan singkronisasi Kegiatan TTP, Jumat 5 Januari 2018 yang bertempat di Kantor Bappeda Tabanan. Pertemuan dihadiri oleh Kadis Pertanian Tabanan beserta jajarannya (Kabid Tanaman Pangan, Peternakan, Perkebunan dan Penyuluhan, perwakilan Setda Tabanan, seluruh Kabid di Bapelitbang Tabanan, Direktur Badan Usaha Milik Daerah BUMDA, Camat Pupuan, Kepala Desa Sanda, Tokoh Masyarakat, serta para Koordinator kegiatan TTP.

Dalam pemaparannya Bapelitbang Kabupaten Tabanan yang disampaikan oleh Kabid Ekonomi Ir. Alit Yasa, MT mengatakan siap mendanai lanjutan sarana prasarana yang dibutuhkan, seperti pembangunan gedung serba guna, pintu gerbang menuju TTP, embung geomembran, serta akan menyiapkan anggaran untuk melakukan kajian dan pengembangan cabe puyang, dan tanaman biofarmaka. Lainnya untuk meningkatkan pendapatan petani kopi di wilayah pupuan pada anggaran perubahan serta kegiatan lainnya.

Selain dari Bapelitbang Tabanan dukungan terhadap TTP juga datang dari Dinas PU yang menyatakan akan mengucurkan dana senilai 5 (lima) Milyar rupiah untuk meng-Hotmix jalan menuju TTP dan sekitarnya. Lebih lanjut Dari Pertanian khususnya Bidang Peternakan menyatakan telah menyiapkan anggaran untuk  membangun kandang kambing senilai 100 juta rupiah untuk menampung 100 ekor kambing Boerka dari Puslitbang Peternakan Bogor. Demikian juga Bidang Perkebunan telah memprogramkan kegiatan peremajaan kopi di TTP dan wilayah pupuan.  BUMDA juga menyatakan siap menampung seluruh produk olahan dari TTP serta produk-produk masyarakat di sekitar TTP. 

Tidak kalah penting dukungan dari Camat Pupuan, Kepala Desa Sanda dan seluruh tokoh masyarakat Desa Sanda yang telah menyatakan siap mendukung kelancaran TTP tahun 2018.