Bimbingan Teknis dan Bincang-Bincang Bersama Penasehat DWP Kementerian Pertanian RI

Hari Jumat, (11/12). Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pertanian RI, Ibu Drg. Hj. Ayunsri Syahrul Yasin Limpo disertai DWP dari Eselon 1, Eselon 2 dan 3 menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan acara bincang-bincang yang bertempat di BPTP Bali. Tema yang di usung adalah “Peran istri dalam membina kesehatan keluarga di era pandemi Covid 19”.

Kepala BPTP Bali didampingi Ketua DPW BPTP Bali Ibu drh. Desak Made Diyah Sulasmini, beserta ibu-ibu perwakilan DWP lingkup UPT Vertikal Kementerian Pertanian di Bali, memberikan sambutan hangat atas kedatangan Ibu Ayunsri beserta rombongan yang hadir. Kepala BPTP Bali juga memperkenalkan Taman agro inovasi dan display teknologi pertanian yang ada di dalamnya.

Kepala BPTP Bali Dr. I Made Rai Yasa menyampaikan bahwa perekonomian masyarakat di Bali sebagian besar bergantungan dari pariwisata. Namun karena adanya pandemi Covid 19 menjadikan pariwisata di Bali menjadi melemah. Dirinya mealaporkan bahwa banyak yang dulunya kerja di sektor pariwisata kini melirik pertanian sebagai tumpuan hidup. “Selama masa pandemi ini banyak pegawai hotel yang datang ke BPTP Bali meminta pelatihan tetang pemanfaatan pekarangan, syuran hidroponik dan teknologi pertanian lainnya” ucapnya.

Senada dengan itu Ibu Ayunsri dalam sambutannya menyampaikan merasa antusias dan memberikan apresiasinya kepada ibu-ibu DWP dalam usaha membantu penyediaan pangan keluarga di masa pandemi ini. “Bali mengandalkan sektor pariwisata namun pariwisata tidak akan jalan jika tanpa pertanian”. Ucapnya.

Ibu Ayunsri juga berpesan kepada Ibu-ibu DWP daerah agar di masa pandemi ini tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga serta mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. “Acara-acara dharma wanita yang sudah ada dan yang ditetapkan oleh dharma wanita di Kementerian Pertanian tetap dijalankan saja seperti apa yang diturunkan ke daerah. Kegiatan lebih banyak di sektor sosial banyak ketemu, silahturahmi. Apabila memang pandeminya di suatu daerah sudah masuk zona merah acara sebaiknya dilaksanakan secara virtual melalui webinar-webinar dan bimbingan teknis online. “Mari kita tetap sama-sama mempererat silaturahmi kita”. Ujarnya.

Setelah memberikan arahannya Ibu Ayunsri berkenan melaksanakan penyerahan benih tanaman sayuran dan buah kepada perwakilan Kelompok Wanita Tani, Organisasi Wanita A'isyiyah, Perwakilan dari Guru Sekolah, dan Ibu rumahtangga di Lingkungan Kantor BPTP Bali. Setelah itu dilanjutkan dengan acara panen sayuran hidroponik, ikan nila di taman Agro Inovasi BPTP Bali.

Di tengah-tengah acara dilaksanakan bimtek tetang tehnik mencangkok tanaman yang disampaikan dan diperagakan oleh penyuluh Pertanian BPTP Bali.